RSS

Kamis, 03 Mei 2012

Etika penggunaan High Technology

Tugas 1 >> Softskill

Tekhnologi informasi sekarang ini semakin berkembang dan dengan teknologi itulah kita semua hampir tidak ada batas dalam berkomunikasi. Akan tetapi Terkadang teknologi itu membuat kita terlena dan dengan seenaknya sendiri dipergunakan tanpa memperhatikan orang lain atau kaidah cara memakainya, memang kita sebagai manusia jika sudah menyangkut dengan pekerjaan apalagi yang membutuhkan teknologi dan kebutuhan informasi yang tinggi maka hampir dipastikan tidak peduli dengan lingkungan sekitar,  Contoh:
1.   Ketika melaksanakan sholat berjamaah di masjid, sering sekali mendengar deringan handphone yang berbagai macam suara sehingga mengganggu ke khusyu’an dalam menjalankan sholat berjamaah di masjid.
2.  Dalam berkendara baik motor maupun mobil, sang supir (pengendara) tidak mempedulikan keselamatan dirinya maupun orang lain, bisa dilihat ketika sedang menyetir/ berkendara, dengan enak saja mengangkat telpon dan mengobrol sambil tetap menyetir.
3.      SMS dengan bahasa “sandi”, pernah melihat sms semacam begini ” s4y4 4d4l4h bl4 bl3 bl3 ” apakah anda sakit membacanya? ya ini merupakan salah satu penyalahgunaan hitech dalam ber-sms, karena tidak semua orang bisa membacanya dan mau membacanya jika ada sms seperti itu, apakah ditujukan untuk sesuatu hal yang rahasia? itu tidak bisa dijadikan suatu pembelaan.
4.      Dalam berchatting terkadang kita sebagai chatter tidak mempedulikan tata cara menulis yang baik dalam berchatting misalkan penggunaan huruf besar yang sesungguhnya mempunyai arti berteriak ataupun nada marah, penggunaan tanda seru “!”, dimana tanda seru ini digunakan untuk menyuruh sesorang atau bernada kesal.
5.      Penggunaan internet yang tidak sehat, mengapa tidak sehat? tidak perlu disangkal internet sejak diperkenalkan hingga menjadi kebutuhan sekarang ini banyak dipergunakan untuk hal yang tidak baik contohnya, membuka konten pornografi, melakukan penipuan dengan cara hacking atau semacamnya. Seharusnya internet menjadi wadah untuk saling berbagi dan memyebarkan informasi bukannya untuk merugikan seperti salah satu yang disebutkan tadi.
6.      Penggunaan gadget yang berlebihan, maksudnya adalah sang pemakai memakai / menggunakannya pada saat yang tidak tepat misalnya ketika ditengah perkuliahan mahasiswa tidak mendengarkan apa yang di sampaikan dosen dan malah asik berchatting ria ataupun browsingan menggunakan gadget yang dimiliki.
7.      Internet dijadikan sebuah pembocoran rahasia negara. Mungkin masih ingat dengan situs wikileaks? nah itu merupakan contoh nyata penggunaan yang salah dalam menyebarkan informasi. Analogi sederhana saja, mau kah jika rahasia anda diketahui oleh publik? misalnya takut dengan kecoa?? atau yang lebih intern lagi dalam hidup anda? tentunya anda tidak mau kan. Meski internet merupakan sarana menyampaikan informasi tetapi tidak sembarangan informasi bisa di tuliskan begitu saja.

http://mochammadwahyono.wordpress.com/2011/03/15/etika-dalam-penggunaan-hi-tech/

0 komentar:

Posting Komentar