RSS

Kamis, 19 November 2009

DEFINISI DAN PENGERTIAN ORGANISASI

PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi adalah sekelompok orang ( dua atau lebih ) yang secara formal dipersatukan dalam suatu wadah yang saling berkerjasama untuk mencapai tujuan yang telah disepakati atau ditetapkan.

Pengorganisasian merupakan fungsi kedua dalam manajemen dan pengorganisasian didefinisikan sebagai proses kegiatan penyusunan struktur organisasi sesuai tujuan  - tujuan, sumber - sumber, dan lingkungannya. Dengan demikian hasil dari pengorganisasian adalah struktur organisasi.

Stuktur organisasi adalah susunan komponen ( unit - unit kerja ) dalam organisasi. Stuktur organisasi menunjukkan adanya pembagian kerja dan menunjukkan bagainama fungsi atau kegiatan - krgiatan yang berbeda - beda tersebut diintegrasiakan.

Organisasi itu sendiri dibentuk oleh orang - orang dengan tujuan tertentu yang dapat dipetik hasilnya secara bersama - sama.

Unsur - unsur organisasi

1. Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama
    Organisasi adalah wadah atau tempat dimana orang - orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan
2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang
    Suatu organisasi, selain tempat kerja sama juga merupakan proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
3. Jelas tugas kedudukannya masing - masing.
    Dengan adanya organisasi maka tugas dan kedudukan masing - masing orang atau pihak hubungan satu dengan yang lain akan dapat lebih jelas.
4. Ada tujuan tertentu
    suatu perencana yang kurang baik tetapi organisasinya baik akan cenderung lebih baik hasilnya daripada perencanaan yang baik tetapi organisasi tidak baik.
    - Pelaksanaan tugas pekerjaan mempunyai kemungkinan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Secara  ringkas unsur - unsur organisasi yang paling dasar adalah :
1. Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
2. Harus ada orang - orang yang bekerja sama.
3. Kedudukan dan tugas masing - masing orang harus jelas.
4. harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.

0 komentar:

Posting Komentar